Aqiqah Bantul Bersinergi Dengan Peternak Kambing

Bantul merupakan salah satu kabupaten yang berada di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Meskipun sudah banyak perkembangan pembangunan, pertokoan, mall, kampus dan lain lain, pada dasarnya Bantul merupakan daerah pertanian yang subur. Sebagian masyarakatnya adalah petani dan peternak. Dengan masih banyaknya lahan – lahan pertanian maka pemberdayaan masyarakatnya juga masih menitikberatkan pada sector pertanian dan peternakan. Untuk peningkatan sector peternakan yang maka perlu adanya terobosan terutama dalam pembinaan peternak dan terobosan dalam hal pemasaran hasil ternak. Ternak kambing merupakan salah satu ternak yang banyak dilakukan oleh masyarakat Bantul. Meski hanya sebagai sampingan bagi petani namun jumlah peternak kambing tergolong banyak. Selain karena mudah dalam memelihara juga kendang yang dibutuhkan tidak memakan tem-at. Selain itu denga modal kecil petani sudah bisa membeli kambing sebagai hewan yang akan diternak. Pada saat sudah berkembang biak juga mudah untuk menjualnya ke pedagang hewan.

Perlu terobosan pemasaran ternak kambing yang saat hanya dijual kepada pedagang hewan. Harga yang ditawarkan pedagang tentu saja jauh lebih murah dari harga pasaran karena rantai distribusi yang panjang.

Vendor jasa aqiqah Bantul merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa penyelenggaraan acara aqiqah. Mulai dari pemilihan kambing, penyembelihan, sampai memasak dan siap disajikan untuk acara aqiqah anak.

Kebutuhan hewan aqiqah di daerah Bantul setiap hari akan terus meningkat. Seiring dengan kesadaran masyarakat muslim tentang pentingnya akikah, maka masyarakat akan banyak memilih untuk mempercayakan keperluan aqiqah kepada jasa aqiqah Bantul. Kebutuhan hewan aqiqah ini dapat disuplai langsung dari peternak di daerah Bantul. Sehingga distribusi yang pendek akan menambah harga jual hewan aqiqah di tingkat petani.

Inilah yang disebut sinergi antara peternak dengan jasa aqiqah Bantul. Mungkin kebutuhan kambing untuk aqiqah belum mampu menampung seluruh hasil ternak para petani, namun demikian lambat laun jumlah kebutuhannya akan semakin banyak dan meluas.

Sebenarnya selain aqiqah ada juga momen yang dapat digunakan untuk membangun sinergitas antara peternak dengan perusahaan, yaitu pada saat hari raya idul adha. Kebutuhan hewan qurban saat idul adha mungkin lebih banyak dari pada kebutuhan untuk aqiqah. Namun karena hari raya hanya sekali dalam setahun hanya jadi acara tahunan saja. Sedangkan acara aqiqah ada hampir setiap hari, karena setiap hari ada kelahiran bayi. Tentu kondisi ini yang dapat dijadikan lahan bisnis yang kontinyu setiap hari.

Tantangan bagi jasa aqiqah terutama yang beroperasi di daerah Bantul untuk melakukan edukasi terhadap masyarakat muslim tentang sunah aqiqah dan betapa mudah dan praktisnya menggunakan jasa aqiqah untuk mengurus keperluan acara aqiqah, terutama kebutuhan hewan aqiqah dan pengolahannya sehingga siap dihidangkan kepada keluarga, kerabat, dan tetangga sesuai dengan tuntunan Syariah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *