Perintah Memakai Busana Muslim Dalam Agama Islam

Islam turun kepada ummatnya dengan tujuan rahmat bagi semesta alam. Maksud dari rahmat bagi semesta alam ini adalah memberi kebermanfaatan bagi banyak umat. Tidak ada perintah agama islam yang muncul tanpa alasan. Setiap perintah dari Allah SWT yang tertulis dalam Al-Qur’an maupun hadist memang memiliki tujuan kebaikan pada ummatnya.

Salah satu perintah yang terdapat dalam kitab suci adalah perintah untuk menggunakan busana yang menutup aurat ketika sudah masuk usia akil baligh. Didalam Al-Qur’an surat al-ahzab ayat 33:59, diterangkan dengan sangat jelas bahwasanya kaum perempuan “Hendaknya mengulurkan jilbabnya k seluruh tubuh mereka” dan supaya “mereka tidak diganggu”.

Perintah tersebut sangat erat kaitanya dengan busana muslim. Perintah menggunakan busana muslim dalam agama islam sangat jelas tertulis.

Dalam hadist lain juga tertulis bahwasanya perintah menutup aurat tidak saja berlaku bagi perempuan namun juga laki-laki:

“Jagalah uratmu kecuali terhadap istrimu atau budak yang kamu miliki [H.R Abu Dawud, no. 47; Tirmidzi, no2794; Nasa’i dalam kitabnya Sunan al-Kubra, no. 8923; ibnu Majah, no.1920. Hadist ini dihasankan oleh Syaikh al-Albani]

Hadist tersebut jelas menjelaskan perintah berbusana muslim bagi laki-laki juga berlaku.
Laki-laki juga disuruh menutup aurat kecuali dihadapan orang yang halal baginya, dalam hal ini berarti istrinya.

Menjaga aurat dengan berbusana muslim merupakan suatu keharusan bagi mereka yang taat kepada perintah agamanya. Dengan berbusana muslim yang baik dan benar, seorang muslim menunjukan bahwa ia taat kepada perintah agama.

Sayang sekali saat ini banyak muslim yang tidak menaati perintah agama. Kebanyakan muslim memilih memakai pakaian terbuka yang dapat memeberikan dampak negatif bagi penggunanya.



Model pakaian yang dijual di toko baju saat ini kebanyakan merupakan pakaian dengan ukuran yang minim. Pakaian tersebut masuk ke indonesia dikarenakan pengaruh budaya asing yang kian mewabah di Indonesia. Kebiasaan para artis barat mengenakan pakaian minim menjadikan minat sebagian masyarakat bergeser untuk mengenakan busana terbuka ketimbang busana muslim.

Namun meski begitu, busana muslim juga tak kalah digandrungi masyarakat saat ini. Tersedianya toko online saat ini merupakan sarana promosi produk yang dapat menjaring banyak penikmat-penikmat baru busana muslim.



Harga yang ditawarkan di toko online juga semakin beragam tidak hanyak berkisar pada satu harga saja. Untuk itulah, zaman sekarang tidak ada alasan untuk tidak mengenakan busana muslim. Jika memang anda niat untuk menutup aurat, budget bukan lagi menjadi masalah yang melatar belakangi ketidak mampuan anda mengenakan busana muslim.


Demi menaati perintah agama, yaitu menutup aurat, pasti akan selalu ada usaha yang dilakukan. Tak jadi soal juga bila anda membeli busana muslim ketika musim diskon. Jangan gengsi. intinya, anda tetap bisa mengenakan busana muslim bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *